Skip to main content

Penyakit Ini Bernama Anyang-anyangan

Anyang-anyangan infeksi saluran kemih

Halo semuanya, apa kabar? Semoga dalam kondisi sehat selalu ya..
Anyway, pernah nggak sih teman-teman berkali-kali merasa ingin buang air kecil, tetapi yang keluar hanya sedikit dan juga disertai nyeri yang membuat sangat tidak nyaman? Saya pernah merasakannya, kalau tidak salah ingat, saat itu saya masih duduk di kelas 1 SMP. Bingung mengatasi nyeri dan sensasi ingin buang air kecil yang berulang kali ini, akhirnya saya tanya ke Ibu saya, dan ternyata kata beliau saya terkena penyakit anyang-anyangan. Kebetulan ibu saya memiliki sebuah buku yang berisi resep-resep pengobatan tradisional. Akhirnya saat itu saya membaca buku tersebut dan mencoba resep yang ada. Saya tidak ingat apakah saat itu langsung sembuh atau tidak. Tapi yang jelas saya merasa kapok menderita sakit anyang-anyangan.

Di buku tersebut dijelaskan bahwa penyebab anyang-anyangan adalah karena kehausan, terlalu lama duduk, kelelahan banyak mengeluarkan keringat, minum air panas dan dingin, serta minum air yang belum mendidih (mungkin maksudnya air yang mentah kali ya?). Tidak puas dengan informasi yang ada di buku tersebut, akhirnya saya melakukan pencarian informasi lebih lanjut dan bertemulah saya dengan website Uricran.

Ternyata dari website tersebut dijelaskan bahwa penyebab anyang-anyangan bukan seperti yang tertulis pada buku ibu saya. Anyang-anyangan ternyata tidak hanya karena dehidrasi, melainkan karena ada infeksi pada saluran kemih. Sehingga tentu hanya dengan minum air putih saja tidak cukup. Di website ini juga dijelaskan bahwa anyang-anyangan merupakan salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Dan resiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50%. Selain itu, kebanyakan wanita juga beresiko mengalami penyakit ini berulang-ulang, bahkan hingga bertahun-tahun. Hal ini disebabkan karena secara anatomi, jarak saluran kemih (uretra) wanita lebih dekat ke saluran pembuangan air besar sehingga rentan diserang bakteri jahat E.coli yang umumnya berasal dari sekitar saluran pembuangan.

Dari informasi tersebut, saya menjadi bisa menyimpulkan bahwa salah satu penyebab saya mengalami anyang-anyangan saat SMP dulu adalah karena saluran kemih saya terserang oleh bakteri E.coli. Hal ini mungkin disebabkan karena kesadaran saya akan personal hygiene saat itu bisa dibilang masih cukup rendah, selain itu mungkin juga karena arah pembasuhan saya setelah buang air kecil salah.

Di website tersebut juga disebutkan bahwa buah Cranberry (Vaccinium oxycoccos) telah lama dikenal di dunia sebagai solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan karena cranberry mengandung antioksidan Proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.
Prive Uri-cran solusi Anyang-anyangan
Infografis Anyang-anyangan dan Solusinya
Pada bulan April 2014, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis (AFSSA) mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan melalui 4 uji klinis secara acak sempurna yang menyatakan bahwa jus buah cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. Selain itu, konsumsi buah cranberry ternyata juga terbukti ampuh secara in vitro mampu melawan kanker lho, karena adanya kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin pada buah cranberry.
Mengatasi Anyang-anyangan
Buah Cranberry
Cranberry sendiri merupakan tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasa tumbuh liar. Cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, yang membedakan cranberry berwarna merah tua. Tumbuhan cranberry ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada.

Namun sekarang kita tidak perlu repot-repot ke utara Amerika maupun Kanada untuk mendapatkan manfaat buah cranberry ini. Karena Combiphar (PT. Combiphar) sebagai perusahaan besar yang memproduksi obat-obatan asal Indonesia, telah memproduksi Prive Uri-cran (yang mengandung 250 mg ekstrak buah cranberry) dan Prive Uri-cran Plus (yang mengandung 375 mg ekstrak buah cranberry, vitamin C, serta bakteri baik Lactobacillus achidopillus dan Bifidobacterium bifidum).
Prive Uri-cran Obat Anyang-anyangan
Prive Uri-cran
Prive Uri-cran Obat Anyang-anyangan
Prive Uri-cran Plus
Prive Uricran dan Prive Uri-cran Plus bisa kita dapatkan di apotek terdekat maupun di Guardian, Century, Watsons, Kimia Farma, dan juga Viva Generik dengan harga yang relatif terjangkau. Semoga dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran maupun Prive Uri-cran Plus kita (terutama sebagai kaum wanita) bisa terbebas dari anyang-anyangan dan bisa mendapatkan berbagai manfaat dari buah cranberry.

Kalau teman-teman adakah yang pernah mengalami anyang-anyangan atau susah buang air kecil? Share yuk ceritanya di kolom komentar^^.

Thanks for stopping by, and see you on my next post, insyaAllah ^^
Diina.tk
*Sumber gambar dan informasi: uricran.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Review Jujur Garnier Bright Up Tone Up Cream

Saya memiliki tipe wajah yang kering, selain karena jenis kulit saya, wajah kering juga dipicu oleh penggunaan AC sehari-hari. Wajah yang kering membuat kulit saya terlihat kusam dan berkerut. Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya menerima paket Garnier Light Complete Bright Up Tone Up Cream dari Yukcoba.in.